Welcome to My Tutorial Blog
Translate this page from Indonesian to the following language!

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Widget edited by Blogfsym

Istilah - istilah dalam ilmu komputer  

Diposting oleh ORY-Neutral

1. PCI Adapter adalah Adaptor, perangkat untuk penyesuaian peripheral PCI Slot.

2. Acces Point disingkat dengan AP, adalah suatu tempat yang menjadi pusat dari beberapa koneksi terhubung. Alat ini juga dikenal dengan Cross box.

3. Router adalah sistem yang digunakan untuk menghubungkan jaringan-jaringan. Perangkat yang berfungsi dalam komunikasi WAN atau menghubungkan dua network yang berbeda. Menempati layer 3 pada sistem layering OSI (network) sehingga memiliki kemampuan routing atau pengalamatan paket data baik secara static atau dinamik.

4. Swicth adalah perangkat jaringan yang bekerja di lapisan Data Link, mirip dengan bridge, berfungsi menghubungkan banyak segmen LaAN kd dalam satu jaringan yang lebih besar.

5. IEEE 802. 11b, IEEE 802. 11g adalah jenis-jenis standarisasi yang dikeluarkan oleh IEEE yang berhubungan dengan koneksi wireless LAN. Standarisasi ini berhubungan dengan frekwensi, kecepatan data dan bandwith.

6. DHCP Server adalah server yang menyediakan dan menyebarkan IP Address secara otomatis kepada client yang terhubung dengan server ini, sedangkan DNS merupakan layanan di internet untuk jaringan yang menggunakan TCP/IP. Layanan ini digunakan untuk mengidentifikasi sebuah komputer dengan nama, bukan dengan menggunakan alamat IP (IP address). Singkatnya DNS melakukan konversi dari nama ke angka.

7. Ethernet tidak sama dengan LAN, tetapi keduana saling berkaitan karena LAN terbentuk dari beberapa kartu erthernet yang saling terhubung.

8. DVDRom drive hanya bisa membaca DVD/CD Rom, sedangkan yang bisa menulis/ membakar namanya DVD/CD RW.

9. Command prompt indikator yang ditampilkan oleh sistem untuk meminta masukan berbentuk perintah dari pengguna, guna berinteraksi dengan komputer. Dengan perintah khusus, DOS dan Windows memungkinkan pengguna untuk mengubah indikator tersebut sesuai dengan selera.

10.Desktop di lingkungan sistem operasi, desktop merupakan kesatuan konsep grafis untuk menghasilkan Graphics user interface. Tujuan utama implementasi konsep ini adalah untuk memberikan kemudahan kepada pengguna dalam berinteraksi, dan mengoperasikan komputer. Desktop windows memiliki icon, taskbar, button atau tombol, serta fasilitas drag dan drop.

11.DNS singkatan dari domain Name system, berfungsi sebagai penerjemah nama URL yang gampang di baca oleh manusia, seperti www.pcmedia.co.id, ke dalam sistem pengalamatan berbasis IP. Untuk menjalankan proses tersebut, DNS menyimpan daftar-daftar URL dan alamat IP dalam tabel, dan saling bertukar informasi dengan server DNS yang lain.

12. Dos disk operating system, yaitu sistem operasi berbasis disket. OS dikemas dalam disket dalam disket, karena pada saat itu penggunaan harddisk belumlah luas seperti saat ini. Sistem iperasi ini mucul pada awal tahun 980-an, dan desainya khusus dibuat dan dibangun untuk PC yang kompatibel dengan IBM. Versi DOS yang sangat terkenal dan luas pemakainya adalah MS-DOS dan PC-DOS.

13.Internet sering disebut dengan web browser. Browser adalah sofware aplikasi yang digunakan untuk mencari, dan melihat halaman-halaman web via internet. Pada versi awal, browser hanya diperuntukkanmembaca format HTML dengan protokol http, namun saat ini browser mampu mengenal berbagai protocol mulai dari http, ftp hingga https. Aplikasi jenis ini yang populer adalah Internet Explorer, Mozilla dan Netscape.

14.ISP internet service provider, yaitu perusahaan yang memberikan jasa sambungan internet kepada konsumen, dan menggunakan skema tarif tertentu sebagai pembayaran jasa yang digunakan.

15. Shared folder direktori atau folder dalam satu komputer yang dapat diakses secara remote bia jaringan oleh komputer lain. Dalam pemberian hak akses, pemilik folder dapat menentukan siapa saja yang berhak untuk mengakses dan juga batasan akses tersebut, seperti hak untuk baca tulis atau baca saja (read only).

16. 128-Bit dalam arsitektur komputer, 128 bit menunjuk kepada lebar data, ukuran 128 bit juga dipakaidi Ipv6, kriptografi, bus memory di video card, emotion engine pada sony ps2, dan pointer pada IBM AS/400.

17.Enkripsi suatu metode yang digunakan untuk mengkodekan data sedemikain rupa sehingga keamanan informasinya terjaga dan tidak dapat dibaca tanpa didekripsi (kebalikan dari proses enkripsi) dahulu. Enkripsi atau Yunani, kryptos, yang artinya tersembunyi atau rahasia. Ilmu yang mempelajari teknik enkripsi disebut kriptografi. Kriptografi merupakan kumpulan teknik untuk meng-encode data dan pesan sehingga data dari pesan tersebut dapat disimpan dan ditransmisikan dengan aman. Gambaran sederhana tenteang enkripsi, meisalnyamengganti huruf a dengan n, b dengan m seterusnya. ROT-13 adalah program yang masih suka dipergunakan. Intinya adalah mengubah huruf menjadi 23 huruf didepannya. Misalnya b menjadi o dan seterusnya.

18.Karakter dalam dunia komputer dan telekomunikasi berbasis mesin, karakter adalah unit informasi yang mewakili angka, huruf, tanda baca, dan simbol-simbol lainnya. Karakter juga bisa memiliki arti komponen terkecil dari bahasa tertulis yang memiliki nilai semantik.

19.Password kata sandi untuk memverifikasi sebuah usename sebelum login ke dalam sebuah sistem komputer multiuser. Berbeda dengan username, password tidak unik dan biasanya diizinkan menggunakan karakter-karakter yang tidak ada dalam keyboard.

20Read Only atribut yang menyebabkan sebuah file atau bagian dari file yang hanya bisa untuk dilihat tapi tidak bisa diubah.

21.ROT -13 singkatan dari rotate by 13 palece, adalah kriptografi yang biasa dipakai di forum online untuk menyembunyikan bocoran, jawaban, atau materi yang bersifat ofensiv. ROT-13 bisa dipakai sebagai encoding atau decoding karena pada prinsipnya sama. ROT-13 juga biasa dikenal sebagai EBG-13. ROT-13 mula-mula degunakan di newsgroup net.joke pada awal tahun 1980-an.

22.Workbook file yang berisi satu atau beberapa worksheet yang dapat digunakanuntuk mengelola beragam jenis informasi yang saling berhubungan. Pengguna dapat mengetikkan dan mengedit data pada beberapa worksheet secara simultan dan melakukan perhitungan berdasarkan data dari beberapa worksheet lain.

23.AGP kependekan dari Accelerated Grapic Port, yakni suatu spesifikasi interface yang dikembangkan oleh Intel Corporation. AGP in berbasis interface PCI, tetapi di desain secara khusus hanya untuk keperluan dari grafis 3D. dibanding dengan PCI, AGP in memiliki channel point-to-point sehingga kontroler grafis dapat secara langsung mengakses memory.

24.DVI suatu standar konektifitas antara perangkat digital semisal proyektor dengan PC. Dimana, dengan koneksi digital maka untuk perangkat yang mendukung DVI, tidak diperlukan lagi proses konversi ke analog, dan hal ini akan menyebabkan tidak adanya penurunan akan kutalitas data tersebut.

25.FSB istilah yang biasanya merepresentasikan kecepatan (Mhz) untuk bus yang digunakan oleh berbagai komponen atau peripheral yang berhubungan dengan CPU. Namun, nilai FSB (Front Side Bus) terpenting adalah FSB dari CPU itu sendiri. Karena FSB CPU akan menentukan seberapa cepat CPU dalam berkomunikasi dengan komponen atau peripheral tersebut.

26.HDCP HDCP atau High-Bandwith Digital Content Protection, adalah salah satu bentuk DRM (Digital Right Managament) yang dikembangkan oleh Intel, dimana berfungsi untuk mengontril contect audio dan video yang melalui jalur berinterface DVI atau HDMI.

27.HDMI merupakan kependekan dari High Defenition Multimedia Interface, dan HDMI ini adalah salah satu interface untuk jalur data audio dan video yang berbentuk digital.

28.Nortbridge salah satu komponen chipset di motherboard yang bertugas mengendalikan komunikasi antara CPU, RAM, AGP/PCI Express, dan Southbridge. Beberapa Northbridge juga ada yang memiliki grafis terintegrasi didalamnya.

29.Platter adalah media disk berbahan logam yang ada di dalam sebuah hardisk. Dimana, pada permukaanya telah dilapisi materi yang bersifat magnetik untuk merekam datam dan kedua sisi dari sebuah platter dapat digunakan. Biasanya sebuah hardisk memiliki beberapa platter yang diadopsi bertumpuk, untuk mendapatkan kapasitas besar.

30SLI atau Scalable Link Interface, adalah teknik penggabungan dua buah video card dar nVidia di dalam satu motherboard guna mendapatkan peningkatan performa sebanding dengan jumlah performa ke dua video card yang digunakan. Walau secara praktiknya hal ini belum tercapai, dan biasanya hanya berkisar 40 hingga 60 persen saja dari penggunaan satu video card.

31.CDMA code division multiple acces (CDMA). Sistem telepon seluler digital yang menggunakan skema akses jamak ini, seperti yang diprakarsai oleh Qualcom, atau W-CDMA. CDMA adalah sebuah teknologi militer yang digunakan kali pertama pada perang II oleh sekutu Inggris untuk menggagalkan usaha Jerman, dengan cara mengganggu transmisi mereka. Sekutu memutuskan untuk mentransmisikan tidak hanya pada satu frekuensi, namun pada beberapa frekuensi, namun pada beberapa frekuensi sehingga menyulitkan Jerman untuk menangkap sinyal yang lengkap. Sejak itu, CDMA digunakan dalam banyak sistem komunikasi, termasuk pada Global Positioning System (GPS)m dan pada sistem satelit OmniTRACS untuk logistik transportasi. Sistem terakhir didesain dan dibagun oleh Qualcomm, dan menjadi cikal bakal yang membantu insinyur-insiyur Qualcomm untuk menemukan Soft Handoff dan kendali tenaga cepat, teknologi yang diperlukan untuk menjadi CDMA praktis dan efisien untuk komunikasi seluler terrestrial.

32.Operating System sistem pada komputer, ponsel, PDA atau lainnya yang menjadi dasar semua aplikasi komputer. Tanpa operating system, anda tidak dapat mengisikan aplikasi apapun ke dalam device anda. Contoh operating system pada komputer adalah Windows, Unix, Linux atau Mac. Pada ponsel yaitu Symbian. Dan pada PDA misalnya Windows Mobile.

33.QWERTY aturan yang terdapat pada layout keyboard yang berpatokan dari bahas inggris. Aturan QWERTY kali pertama dipatenkan oleh Christopher Sholes pada tahun 1868, dan dijual kepada Remington pada tahun 1873. Nama QWERTY sendiri diambil dari 6 huruf pertama dari yang terlihat pada bagian atas keyboard baris pertama.

34.TFT thin film transistor. Salah satu LCD layar datar yang setiap pixelnya dikendalikan oleh salah satu sampai empat transistor. Teknologi TFT memberikan resolusi terbaik untuk semua layar datar, tetapi lebih mahal. Layar TFT disebut juga active matrix LCD.

35.WIMAX atau worldwide interoperability for microwave access adalh sebuah tanda sertifikasi untuk produk-produk yang lulus tes, dan sesuai dengan standar IEE 802.16 WIMAX merupakan teknologi nirkabel yang menyediakan hubungan jalur lebar dalam jarak jauh. Yang membedakan WIMAX dengan Wi-Fi adalah standar teknis yang bergabung di dalamnya. Jika WiFi menggabungkan standar IEEE 802.11 dengan ETSI (European Telecommunications Standar teknis yang cocok untuk keperluan WLAN, sedangkan WIMAX merupakan penggabungan antara standar IEEE 802.16 dengan standar ETSI Hiperman.

36.fileZilla aplikasi FTP untuk client atau server. Filezilla bersifat open source dan didistribusikan di bawah lisensi GNU GPL.

37.FWA fixed wireless access adalah varian broadband wireless yang menggunakan jaringan radio untuk melakukan transmisi suara dan data. FWA sangat cocok untuk akses broadband apabila koneksi berupa kabel dianggap terlalu mahal.

38.Service Pack atau disingkat SP adalah sebuah koleksi atau kumpulan update atau peningkatan pperforma sebuah sofware yang dikrimkan dalan satu paket instalasi. Banyak perusahaan, seperti Microsoft, Adobe, Autodesk yang merilis service pack untuk menjamin aplikasi mereka berjalan denga baik.

39 Skype sebuah layanan aplikasi VoIP yang mengijinkan seseorang untuk berkomunikasi secara gratis melalui komputer, atau melakukan panggilan murah dari komputer ke telepon. Selain itu, skype dapat difungsikan sebagai messenger, media konferensi, atau alat untuk berkirim file. Baru-baru ini Skype juga di integrasikan ke perangkat game genggam populer, Sony PSP.

40VOIP voice over internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, internet telephonym dan Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan jarak jauh (suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan pake-paket data, bukan lewat sirkuit telepon biasa.

41.DivX adalah sebuah video codec, yang diciptkan oleh DivX, Inc. (sebelumnya DivXNetwork, ic). Yang menjadi terkenal karena dapat mengompresi video menjadi ukuran kecil dengan kualitas realatif baik. DivX menggunakan kompresi lossy MPEG-4 Part 2. Karena sering digunakan untuk membuat salinan dari DVD yang berhak cipata, DivX menjadi kontroversial. Saat ini, banyak DVD player di pasaran yang dapat memainkan film DivX.

42.FLAC adalah kepanjangan dari Free Loseless Audi Codec, suatu format kompresi audio yang populer. Tidak seperti format kompresi audio seperti OggVorbis, MP3, dan AAC,FLAC tidak menghilangkan informasi dari sream audio dan sangat cocok untuk diputar berulan-ulang serta untuk mengumpulkan koleksi audio. Format FLAC didukung penu oleh banyak aplikasi sofeare audio. Pada Januari 2003, Xiphophorus (sekarang dikenal dengan nama Xiph.Org Foundation) mengumumkan kerja sama FLAC menjad satu atap dengan Ogg, Vorbis, Theora, Speex, dan lain-lain.

43 GPS atau Global Posiotioning System bukan hanya sistem navigasi satelit yang berfungsi secara penuh. Sebuah perkumpulan yang terdiri dar dua lusin satelit GPS, memancarkan sinyal yang sangat presisi melalui radio ke penerima elektronik GPS, yang membuat sinyal-sinyal tersebut secara akura menentukan posisi (longitude, latitude, dan altitude) secara real-time, siang atau malam, dalam cuaca apapun, dimana pun dibelah dunia ini. Sejak GPS mulai beroperasi penuh tahun 1993, GPS sudah menjadi perangkat yang penting, sangat tangguh sebagai alat navigasi di laut, udara maupun di darat. GPS juga sangat berpengaruhuntuk pembuatan peta, serta land surveying. GPS juga menyediakan time reference yang sangat presisi, diperlukan untuk penelitian ilmiah, termasuk penelitian gempa bumi.

44 RAW format gambar RAW memlilki proses data yang minimal didapatkan dari sensor gambar kamera digital atau scanner, dinakaman RAW (mentah) karena format ini belum diproses, dan dapat langsung digunakan oleh editor grafis bitmap, dicetak, atau di-display melalui web browser tertentu. Format WAWharus di proses dan dikonversi ke format RGB seperti TIFF atau JPEG, sebelum dapat dimanipulasi melalui komputer.

45.SATA bisa disebut juga denga Serial ATA atau S-ATA adalah teknologi komputer bus yang didesain untuk mentransfer data, menuju atau dari harddisk. SATA adalah penerus kesuksesan dari standar Advanced Technologi Managament atau ATA, biasa disebut juga IDE atau Integrated Drive Electronic. Teknologi yang lebi lama dikenal dengan nama PATA atau Retroactively Renamed Parallel ATA, untuk membedakan dari Serial ATA.

46.A2DP kepanjangan dari Advanced Audio Distribution Profile. Sebuah profile bluetooth yang digunakan untuk streaming audio, seperti menjalankan file-file musik dari ponsel, dan mendengarkan pada headphone wireless. Bila dibandingkan dengan headset atau handsfree, A2DP sudah mendukung stereo satu arah ketimbangan menggunakansistem dua arah.

47.Bluetooth teknologi komunikasi tanpa data (wireless) yang beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 Ghz unlicensed ISM (industrial, Scientific and Medical), denga menggunakan sebuah frequency hopping tranceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data, dan suara secara real-time antara host host bluetooth denga jarak jangkauan layanan yang terbatas. Bluetooth sendiri dapat berupa card yang bentuk dan fungsinya hampir sama dengan card yang digunakan untuk wireless local area network (WLAN), dimana menggunakan frekuensi radio standar IEEE 802.11. hanya saja pada bluetooth mempunyai jangkauan jarak layanan yang lebih pendek dan kemampuan transfer data yang lebih rendah.

48.PDA personal digital assistant. Sebuah alat yang menyerupai komputer genggam, dan berfungsi mengatur berbagai macam informasi personal kita. Informasi tersebut mencakup datbase nama dan alamat, hal-hal lain. PDA di masa sekarang diapdu denga fungsi ponsel, atau mobile office. Untuk input/output digunakan stylus, maupun keyboard kecil. Stylus digunakan langsung pada layar PDA, bila hendak membuka menu.

49.USB Universal Serial Bus. Standar bus berseri untuk perangkat penghubung, biasanya kepada komputer namun juga digunakan di peralatan lainnya, seperti konsol permainan, dan PDA sistem USB mempunyai desain yang asimetris, yang terdiri dari pengontrolan host dan beberapa peralatan terhubung yang khusus. Desain USB ditujukan untuk menghilangkan perlunya penambahan expansion card ke ISA komputer atau bus PCIm dan memperbaiki kemampuan plug-and-play dengan memperbolehkan peralatan-peralatan ditukar atau ditambah ke sisem tampa perlu me-reboot komputer.

50WiMedia standar ISO platform radio frekuensi yang diperuntukkan bagi koneksi wireless ultra wideband (UWB). Pada teknologi ini, konsumsi daya menjadi lebih hematm dan memiliki kemampuan yang lebih baik. Teknologi yang menggunakan standar ini, misalnya W-USB, bluetooth, dan lain-lain.

51.Barcode merupakan cara yang cepat, mudah dan akura untuk memasukkan dan mengambil data. Barcode berisi nomor referensi yang akan menghubungkan data yang bersangkutan ke file komputer. Barcode di gnakan untuk membaca kode tertentu sehingga proses penginisialisasian suatu barang menjadi mudah dan cepat. Contoh yang paling sering ditemui dalam pemanfaatan barcode adalah pada pasar swalayan atau siper market. Saat ii, teknologi barcode telah diadopsi oleh banyak instansi guna memudahkan kerja mereka.

52.Colocation salah satu cara menyediakan server dengan menyimpan server milik kita di tempat yang menyediakan koneksi internet. Cara ini biasanya digunakan apabila pemilik server ingin memiliki kendali penuh terhadap sumber daya perangkat keras yang dimiliki, dan tidak ingin berbagi mesin dengan pelanggan lainnya. Alasan keamanan dan kemungkinan pemakaian aplikas atau layana khusus biasanya dijadikan pertimbangan pemakaian colocation.

53.DVR alat untuk memonitor dan merekam kamera CCTV secara real-time, serta dapat merekam 4 sekaligus secara bersamaan. Alat ini berupa card PSI yang dipasangkan pada komputer. Hasil rekamnya akan disimpan ke dalam hardisk, dengan kompresi file rekam yang kecil namun berkualitas tinggi. Metode perekaman juga dapat diatur berdasarkan waktuatau berdasarkan sensor gerak. Disamping fungsi rekam, alat ini juga memiliki fitur remote kamera CCTV dari manapun kita berada denga menggunakan line telepon (PSTN), ataupun melalui LAN dan jaringan Internet (komputer yang dipasang DVR card ini akan berfungsi sebagai web server).

54.W3C World Wide Web Consortium, adalah suatu konsorsium yang bekerja untuk mengembangkan standar-standar untuk World Wide Web, seperti URL (Uniform Resource Locator), HTTP (Hypertext Transfer Protocol), dan HTML (Hypertext Markup Language) dikembangkan da diatur oleh badan ini.

55.Web Server sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan web browser, dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML. Web server yang terkenal diantaranya adlaah apache dan microsoft internet information sevice (IIS). Apache merupakan server web antar platform sedangkan IIS hanya dpat beroperasi di sistem operasi windows.

56.Ajax Asyncronous java Script and XML, merupakan paduan dari beberapa teknologi yang sudak dikenal sebelumnya yaitu HTML, DOM, XML, javascript dan teknologi pendukung lainnya. Terdapat beberapa teknik komunikasi yang digunakan untuk implementasi. AJAX teknik yang umum digunakan adalah dengan menggunkan hidden frame, hidden iframe dan objectxmlhttprequest. Dua keistimewaan AJAX adalah dapat membuat permintaan kepada server tanpa memuat kembali (reload) halaman, mengurai (parse) dan bekerja dengan dokumen XML dan atau json.

This entry was posted on 00.56 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

1 komentar

Anonim  

tolong d tambah istilah2 nya

recent post

Gambar Thumbnailgambar besar Gambar Thumbnailgambar besar Gambar ThumbnailGambar Thumbnail

Contact me

fs:orychan@yahoo.com , email:oryneutral@gmail.com , email 2:padioryza@yahoo.com , fb:padioryza@yahoo.com , website:gudang-o2.co.cc